Cara Membentuk Karakter Anak Menjadi Baik dan Sholehah

Siapa sih bunda yang nggak ingin memiliki anak baik dan sholehah?
Semua orangtua selalu mendambakannya. Namun, kita tidak lekas berpangku tangan dan hanya menginginkannya saja. Tentu kita harus melakukan sesuatu untuk membuat anak kita menjadi seperti yang kita damba-dambakan.
Ingatlah,  "Anak akan meniru apa yang orangtua lakukan daripada apa yang orangtua nasehatkan !!!"

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang cara membentuk Anak agar menjadi cerdas dan pintar. Tentunya alangkah bahagianya kita sebagai orangtua memiliki anak yang cerdas, baik serta sholeh dan sholehah.

Nah, Rahasia bunda akan memberikan beberapa tips untuk membentuk karakter anak menjadi baik dan sholehah

  1. Bunda pasti setiap pagi bangun subuh untuk solat subuh kan. Nah, pada saat itu biasakan bangunkan balita kita bangun pada waktu subuh. Bangun waktu subuh merupakan hal yang berat dilakukan bagi orang orang yang malas. Nah, langkah terbaik untuk menjadikannya kebiasaan adalah dimulai dari balita.
  2. Berikan pergaulan dengan lingkungan yang baik bunda karena itu menjadi faktor penting untuk membentuk sebuah karakter yang baik. ingat sebuah pepatah jika kita bergaul dengan seorang penjual parfum pasti kita akan ikut terciprat harumnya. Dalam hal ini, bunda dapat memulainya dengan mengirimkan anak bunda ke TPA (Taman pendidikan Al quran) atau kegiatan islami lainnya.
  3. Jangan pernah egois!! Orangtua merupakan sebuah teladan bagi anak maka kita harus menjadi teladan yang terbaik. Jangan berperilaku egois. Jangan hanya memerintahkan anak bunda untuk sholat berjamaah di masjid atau mengaji sedangkan bunda tidak melakukannya. Karena hal tersebut dapat membentuk karakter anak menjadi membengkang.
  4. Bawalah anak anak kita ke tempat ibadah. Hal ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap tempat ibadah dan ibadah di hati anak
  5. Perkenalkan batasan Aurat sejak dini. Tunjukkan cara berpakaian yang boleh dan benar. Biasakan memakan baju yang tertutup auratnya. Jika kita memperkenalkan batasan aurat kepada anak dan membiasakannya untuk menggunakan pakaian yang boleh dan benar. Ketika dia tumbuh dewasa dan memakai pakaian minim ia akan merasa berdosa. Ada sisi psikologis tentang rasa malu. dan pasti dia akan berpikir seribu kali bahkan tidak terpikir sedikitpun untuk melakukannya.
  6. Ajaklah anak bunda untuk selalu beribadah tepat pada waktunya dan tidak menunda-nunda. tanamkan pada anak, bahwa menunda nunda ibadah membuat rejeki kita ditunda juga.
  7. Perdengarkan hal hal yang baik, kata kata yang baik, biasakan mendengarkan bacaan Al-quran (lebih baik dari orangtuanya) atau tunjukkan acara acara islamiah.
  8. Hendaklah orangtua membiasakan menonton acara tv bersama anak. Pilihlah acara acara yang mendidik dan baik untuk dilihat sang buah hati
  9. Ajarkan nilai nilai islam secara langsung kepada anak sejak dini. Sampaikan dengan bahasa dan baik. Lebih baik dengan sebuah cerita.
  10. Ajarkan anak mengenai hadist dan Alqur an sesuai dengan kadar kemampuan anak. hubungkan hadits dan al quran tersebut ketika memberikan nasihat dan teguran.
  11. Jadilah sahabat, pendengar yang baik buat anak. perkecil sikap menggurui kepada anak. Bersikaplah sebagai seorang sahabat. sehingga permasalahan anak tidak akan disampaikan kepada oranglain namun kepada orangtua.
  12. Ciptakan nuansa kehangatan . Nuansa yang hangat dan harmonis dalam keluarga akan memberikan kenyamanan kepada anak. Sehingga anak akan merasa bahwa rumah adalah surganya. dan membuat anak tidak mencari tempat diluar sana
  13. Ajarkan tentang sedekah. Dengan sedekah anak akan mengerti tentang berbagi, dan tolong menolong. Hal ini akan menjadikan anak menjadi tidak pelit dan baik hati.
  14. dan yang terakhir adalah doakan anak bunda. Doa bunda sangatlah mustajab karena pasti akan dikabulkan oleh Allah, rajin rajin berdoa untuk anak ya bunda. ^_^ 



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membentuk Karakter Anak Menjadi Baik dan Sholehah"

Posting Komentar