Kenali Parasit 'TOKSO' , Penyebab MANDUL dan CACAT JANIN !!!




Mandul adalah hal yang sangat ditakutnya oleh semua orang khususnya wanita. Kucing, adalah hewan yang selalu diyakini penyebab kemandulan seseorang. Namun, sebagian orang yang terlanjur sayang dengan kucing peliharaan mereka pastiakan mengabaikannya. Kucing selalu dikaitkan dengan istilah 'toksoplasma' atau 'toksoplamosis' yang 'katanya' dapat menyebabkan kemandulan. 

Apa itu toksoplasma ?
Toksoplasma itu apa sih? Jadi, Toksoplasma adalah suatu parasit yang dapat menyerang hewan ataupun manusia. Penyakit ini sebenarnya tidak membahayakan manusia sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun, jika mengenai ibu hamil bisa berakibat fatal karena parasit ini dapat menembus plasenta dan janin berbahaya bagi janin karena janin belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. 

Bahaya apa yang disebabkan oleh toksoplasma bagi janin? 
Janin atau bayi yang terinfeksi oleh parasit ini dapat menyebabkan gangguan fungsi otak, mata, ginjal, jantung dan lainnya. Dalam jangka panjang, bayi dapat tumbuh menjadi anak yang buta, tuli ataupun terbelakang mental. Infeksi toksoplasma menimbulkan resiko terbesar pada usia kehamilan 10-24 minggu. 

Apa saja gejala toksoplamosis?
Toksoplamosis merupakan suatu penyakit yang sulit untuk didiagnosis karena gejalanya tidak khas bahkan kadang tidak ada gejala sama sekali. 
Gejala yang biasanya dirasakan yaitu badan pegal, demam, kelelahan, nafsu makan menurun , pembesaran kelenjar leher, ketiak dll. Sebaiknya para wanita yang sedang merencanakan kehamilan dan kebetulan mereka memelihara hewan berdarah panas seperti kucing sebaiknya melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan apakah anda terkena parasit ini atau tidak. 

Toksoplamosis menyebabkan kemandulan?
Infeksi dari toksoplamosis yang berlangsung terus menerus dapat menginfeksi saluran telur wanita. Bila saluran ini menyempit atau tertutup, sel telur yang dihasilkan oleh indung telur atau ovarium tidak akan sampai ke rahim untuk dibuahi oleh sperma. Hal ini lah yang dapat menyebabkan kemandulan. 

Apakah toksoplamosis hanya menyerang wanita?
Tidak, kaum pria juga tidak terlepas dari kemungkinanan terinfkesi penyakit ini. Infeksi yang berlangsung terus menerus kepada pria akan menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, dan peradangan saluran sperma. Radang yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya penyempitan bahkan tertutupnya saluran sperma. Akibatnya seorang pria pun bisa menjadi mandul karena sperma yang diproduksi tidak dapat dialirkan untuk membuahi sel telur. 

Apakah toksoplasma hanya menyerang kucing?
Toksoplasma tidak hanya menyerang kucing. Walaupun kucing sering dituduh sebagai penyebab utama dari penyebaran penyakit ini. Semua hewan berdarah panas dapat menyebabkan penyakit ini. atara lain adalah sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, burung, babi, dll. Namun, dalam tubuh kucing toksoplasma dapat berkembang biak dengan cara seksual ataupun non seksual. Kista hanya dikeluarkan oleh kucing yang positif terinfeksi melalui kotorannya. Selama bulu dan liur kucing tidak mengandung kista kita tidak akan tertular toksoplasma. Walaupun di bulu kucing ternyata terdapat kista, kita dapat mencegahnya dengan selalu cuci tangan setelah memegang kucing. 
Penularan juga dapat terjadi kita memakan makanan dari hewan yang terinsfeksi toksoplasma tersebut dengan setengah matang atau mentah. Kista toksoplasma dapat menyebar melalui hewan, tumbuh-tumbuhan atau sayuran yang kontak dengan kista tersebut. 

Bagaimana cara mencegah toksoplasmosis?
Karena kucing atau hewan berdarah panas lainnya rawan oleh parasit toksoplasma. Bukan berarti bunda tidak boleh memelihara kucing ya. Karena kucing sendiri adalah hewan kesayangan rasulullah SAW. 
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terinfeksi toksoplasma. 
Apa saja itu? Mari kita bahas bersama-sama cara mencegah toksoplasma

  1. Vaksinasi TORCH (Toksoplasma, Cytomegalo, dan Herpes Virus) pada saat kehamilan. Sebaiknya vaksinasi TORCH dilakukan pada saat akan menikah
  2. Selalu masak makanan seperti telur, ataupun ayam atau hewan berdarah panas lainnya dengan matang sempurna. gunakan api yang kecil agak matangnya sampai kedalam. jangan pernah memakan makanan setengah matang dari hewan yang dapat terinfeksi virus, terutama jika bunda sedangn hamil 
  3. Cuci bersih sayuran dan buah-buahan sebelum dimakan. 
  4. Selalu cuci tangan ketika selesai berkebun ataupun mau makan dengan sabun hingga bersih
  5. Jangan minum air sembarangan, minumlah air yang matang 
  6. Sebaiknya hindari dekat dengan kucing ketika hamil 
  7. Jika bunda termasuk penyayang kucing sebaiknya bunda melakukan hal-hal berikut ini : 
     - Selalu bersihkan kotoran kucing tidak lebih dari 24 jam dan ingat, selalu gunakan sarung      tangan ketika membersihkan kotoran kucing. dan cuci tangan dengan sabun. 
    - Jangan biarkan kucing berkeliaran diluar, beri makanan kucing khusus
    - Jauhkan selalu kucing dari meja makan 
    - Jangan lupa selalu cuci tangan setelah memegang kucing 

Selalu menerapkan pola hidul bersih dengan selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas diluar dan sebelum makan akan terhindra dari infeksi toksoplasma. Jangan pernah takut pelihara kucing, selalu rutin mandikan kucing dan bersihkan kandangnya. Nah, Bagaimana cara memandikan kucing sendiri dirumah? yuk, kita lihat videonya, cara memandikan kucing sendiri dirumah







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenali Parasit 'TOKSO' , Penyebab MANDUL dan CACAT JANIN !!! "

Posting Komentar