Tips Mengatasi Bayi atau Anak Yang susah Makan




Anak susah makan pasti bakal bikin bunda pusing sekali. Tenang bunda, gak usa panik dan setress kalau menghadapi anak yang susah makan.
Neh, Rahasia Ibunda punya banyak tips untuk sang buah hati yang susah makan.

1. Menetapkan jadwal waktu makan bagi bayi

Menetapkan jadwal waktu makan bayi dengan teratur merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh bunda. jangan memberikan makanan kepadanya jika belum memasuki waktu makan yang telah dijadwalkan, Jadwal waktu makan ini harus dijalankan setiap hari untuk mengenalkan, mengingatkan dan membuasakan bayi terhadap waktu makannya.
Sehingga dengan cara ini, bayi tidak akan bayi tidak akan bingung atau rewel sewaktu disodorkan makanan ke mulutnya. Bahkan jika bayi sudah terbiasa, pada waktu itu bayi akan merasa lapar dengan sendirinya dan meminta makan pada bunda.

2. Cari tahu makanan favorit bayi
Jangan salah ya bunda. bukan cuma orang dewasa aja yang punya makanan favorit. Bayi juga lho. gimana cara tau menu apa yang bayi suka? lihat respon bayi ketika bunda menyuapinya. apabila bayi menyukainya bunda mengulanginya beberapa kali. Namun jangan sampai bayi merasa bosan ya bunda. Coba  berikan menu yang berbeda beda dan lihat responnya ketika disuapi.

3. Siapa yang menyuapi?
Bayi mengetahui dan dapat merasakan sentuhan bunda, ayah atau orang terdekatnya. Hal ini menjadi penting baginya. Perasaan nyaman akan muncul sehingga bayi juga lahap saat makan. Sentuhan bunda, ayah dan orang terdekat dan sikap bunda yang menyenangkan ketika menyuapi dapat membantu bayi mendapatkan psikologis yang nyaman dan dapat menghabiskan setiap suapan makanan yang diberikan kepadanya.

4. Teknik Menyuapi
Bayi kecil kita itu makhluk kecil dan halus sangat sensitif bunda. jangan menyuapinya dengan kasar ya bunda. suapin bayi kita dengan lembut dan penuh senyuman. saat menyuapi posisikan bayi berada didepan bunda jangan disamping apalagi dibelakang. ajak komunikasi agar bayi merasa nyaman saat makan.
Jadikan itu menjadi waktu yang sangat mengasyikkan bagi bayi kita ya bunda.

5. Lingkungan yang tepat
jangan biasakan menyuapi bayi di tempat yang banyak mainan, didepan televisi karena hal hal tersebut dapat merusak konsentrasi bayi. hal ini akan mengubah selera makannya menjadi selera bermain atau selera menonton televisi

6. Perhatikan takaran suapan
takaran suapan dapat mempengaruhi respon bayi terhadap makanan yang diberikan kepadanya. Suapan awal dengan porsi yang kecil pada sendok makanan memudahkan dia dalam menerima makanan tersebut.  Dan pastikan menggunakan sendok khusus untuk bayi.

7. Siapkan air putih
Biasanya bayi ingin minum setelah dia menghabiskan makanan yang diberikan bunda. Namun, perlu diingat berikan minum yang sewajarnya ya bunda jangan terlalu berlebih dan jangan terlalu sedikit.

8. Jangan memaksa bayi menghabiskan makanan
Jangan pernah lakukan ini ya bunda. karena bayi bunda mengerti kapan dia merasa kanyang, karena memaksakan bayi untuk menghabiskan makanan merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan baginya, Dan akibatnya bayi dapat memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk karena perut bayi sudah tidak dapat menerima makanan yang dimasukkan kembali ke mulutnya

Nah, semoga bunda dapat melakukan hal yang terbaik dan menciptakan waktu yang sangat menyenangan untuk anak ketika makan , ^_^

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatasi Bayi atau Anak Yang susah Makan"

Posting Komentar