Manfaat Membacakan Cerita atau dongeng sebelum tidur kepada anak


Membacakan dongeng sebelum tidur sangat bermanfaat untuk anak kita bunda.  Karena dapat menstimulasi perkembangan otak anak, Membacakan sebuah cerita atau dongeng di malam hari sebelum tidur akan menjadi ritual yang menyenangkan bagi anak sekaligus mempererat ikatan antara orangtua dan anak.

Dengan membacakan dongeng sebelum tidur, bunda juga membantu balita belajar membaca sekaligus menajamkan ingatannya. Membolak-balik lembar halaman buku cerita dapat mengasah kemampuan motorik anak. Membacakan cerita juga dapat meningkatkan kemampuan emosional dan sosial bagi si kecil. Membacakan cerita dongeng yang menyenangkan sangat baik untuk anak.

Ternyata dongeng banyak sekali manfaatnya bunda.
Berikut adalah manfaat membacakan dongeng untuk anak :
  1. Anak-anak yang sudah mulai terbiasa membaca sejak dini memiliki perkembangan bahasa yang lebih baik.
  2. Membiarkan anak menggenggam buku halaman buku dengan jemarinya bisa meningkatkan kemampuan motoriknya.
  3. Anak-anak yang terbiasa membaca memiliki perkembangan otak yang lebih optimal.
  4. Kebiasaan membaca dapat membuat si kecil memiliki konsentrasi yang lebih baik


Dongeng sebelum tidur dapat meningkatkan koleksi kosakata yang terekam di otak si kecil lho bunda. perlu diingat bahwa buku bisa memperkenalkan pada anak dengan berbagai ide dan objek.

Dan membaca buku berkali kali bisa membantu perkembangan kemampuan logika si kecil. Dengan mendengarnya beberapa kali, ia jadi menyadari adanya pola dan adegan. Jangan lupa untuk memperkenalkan dongeng dongeng yang ringan untuk anak anak ya bunda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Membacakan Cerita atau dongeng sebelum tidur kepada anak "

Posting Komentar